11 Mei 2017

#lessscrollingmoretalking

Lettering by @visyk
Akhir-akhir ini saya gelisah banget kalo baca socmed. Gerah dan ga nyaman. Saya juga mempertanyakan logika dan penalaran beberapa orang yang saya respek dan selama ini saya anggap oke. Right then, I know I was intoxicated by social media. I started to do things I hate: judging too early without trying to understand others' reasoning and point of view.

Jadilah saya memutuskan untuk "pause" sejenak. Saya uninstall Twitter, Instagram, dan Path plus ga buka Facebook selama beberapa hari.

Dan rasanya seger lho!

Saya pergi ke kantor, ke pasar, nonton bioskop.
Entah saya yang naif atau emang gitu kenyataannya, tapi kehidupan rasanya normal aja tuh. Ga kayak mau perang. Ga kerasa terkotak-kotak sampe orang ga mau temenan sama yang beda pendapat. Dunia nyata ga kerasa sepanas dunia maya, meskipun Depok mataharinya tetep 7 biji nyala bersamaan :P

Yang bikin lebih seger lagi, saya ngobrol.
Saya ngobrol sama yang pandangan dan kegelisahannya sama kaya saya. Saya juga ngobrol sama yang pandangan dan kegelisahannya beda sama saya. Efeknya buat saya menarik dan menenangkan ❤

Most of the time, diskusi mendekatkan kita pada pemahaman. Paham kenapa orang lain punya suatu pendapat dan juga, yang mungkin sering kita abaikan, paham kenapa kita punya suatu pendapat. Diskusi juga bisa bikin kita ngeliat kalo orang yang kita pikir "beda" sama kita tuh punya kesamaan juga sama kita. Diskusi bisa membawa revisi pandangan, atau mengantarkan kita pada kesepakatan untuk tidak bersepakat. Balik lagi, diskusi mendekatkan kita pada pemahaman. Dan pemahaman bisa bikin lebih mudah untuk menerima perbedaan.

*

Talking and discussion build bridges.
Socmed-scrolling and not-witholding-judgement-and-generalization build walls.

So let's talk.
Make small moves.
Reach out to friends and family, people you respect and dear to your heart.
Have discussion with striving-for-understanding spirit.

I choose to build bridges.
I choose #lessscrollingmoretalking.

And I believe that you want to build bridges too.

Let's build enough bridges so we can embrace the beauty in diversity once again.
Let's do #lessscrollingmoretalking.
For better Indonesia.
2 komentar on "#lessscrollingmoretalking"
  1. Ini bukan terinspirasi dari akoohhh kan? *ge er wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahah aku malah baru tauuu dirimu diet socmed.
      Enak yah! :D

      Hapus