13 Februari 2018

Oleh-Oleh Nonton Dilan: Sebuah Pesan

Tadinya saya nggak tertarik nonton Dilan 1990, tapi karena liat cuplikan aktingnya Iqbaal di Instagramnya yang menurut saya keren ya akhirnya saya nonton juga haha.. Habis nonton, tadinya saya sama sekali nggak ada niatan nulis review di blog, tapi setelah baca ulasannya Mbak Sazki di sini dan tautan ke tulisan Mbak April di sini saya jadi tergerak buat nulis.

Buat saya, gombalan-gombalannya Dilan tuh nggak unyu dan nggak relatable. Out of the box dan quirky sih jelas, seperti layaknya karya Pidi Baiq lainnya, tapi nggak bikin saya geli-geli di perut atau pengen naksir Dilan soalnya pengennya naksir Iqbaal. Tadinya saya pikir ya itu karena sayanya aja. Saya pikir saya nggak "kena" sama gombalan-gombalan Dilan simply karena saya bukan tipe cewek kayak Milea. Baca ulasan Mbak Sazki bikin saya ngeh kalo ke-nggak sreg-an saya sama beberapa line-nya Dilan tuh karena saya nggak setuju sama ide yang saya tangkap tersirat di baliknya.  

Yang mana sih emangnya?
Yuk mari kita bahas..
Selamat ulang tahun, Milea. Ini hadiah untukmu, cuma TTS. Tapi sudah kuisi semua. Aku sayang kamu. Aku tidak mau kamu pusing karena harus mengisinya.  
Euh, atuh.. Ini maksudnya Dilan nganggep Milea kurang pinter/berwawasan sehingga bakal pusing kalo ngisi TTS? Lagian kalo pusing ngisi TTS (atau pusing karena hal lain) emang kenapa sih? Kan itu bisa bikin dia berkembang.. Atau kenapa nggak diajak ngisi bareng gitu?
Jangan rindu. Ini berat. Kau tak akan kuat. Biar aku saja.
Err.. Kenapa sih lagi-lagi Dilan ngeremehin Milea? Kenapa sih lagi-lagi nganggep Milea nggak mampu? Setelah dianggep bakal pusing kalo ngisi TTS, Milea pun dianggep nggak akan kuat merindu. Kasian amat Milea.. Kenapa nggak "Biarpun rindu itu berat, tapi karena kita rasakan sama-sama maka kita pasti bisa menahannya"?
Cemburu itu hanya untuk orang yang tidak percaya diri.
WAINI! Aslik pas lagi nonton tuh saya bengong-bengong kecewa gitu di bagian ini. Pas Dilan baru ngomong sampe sini mah saya seneng tuh, setuju banget! Lalu mengira lanjutannya "Tapi aku tidak akan cemburu, karena aku selalu percaya diri" sambil bayangin emot 😎 segede layar bioskop. Eh taunya lanjutannya "Dan sekarang ini aku sedang tidak percaya diri"
.
.
.
.
.
KZL.
Duh, hubungan di mana salah satu pihak ngerasa cemburu karena nggak percaya diri atau insecure itu nggak sehat lho! Aslik, bisa jadi perkara banget ini si cemburu-akibat-tidak-percaya-diri.

Kata saya mah, kalo ada yang ngedeketin dengan cara-cara Dilan di atas mendingan dijadiin temen-tapi-flirting aja pikir-pikir lagi deh. You deserve better, beneran!

"Yaelah serius amat, Mbak.. Biarin kek, kan lucu-lucuan doang anak SMA." 
Ehehehe.. Setiap orang, berapa pun umurnya, berhak lho dapet pasangan yang membuatnya merasa berdaya. Lagian justru kalo sejak muda kebiasa hubungannya kayak gitu watir pas dewasa jadi terperangkap di hubungan yang nggak asik dan nggak sehat ah sama pasangannya..

Jadi, boleh ya saya titip pesan.
Berapapun umurmu, mau kamu laki-laki atau perempuan,

Choose someone who empowers you,
believe in you,
and willing to be better together with you.

Terakhir, buat yang cewek-cewek nih..
Here's to strong women. 
May we know them. 
May we be them. 
May we raise them.
Kalo ada temen cowok yang nampar kamu kayak Anhar nampar Milea, plis tampar balik!
6 komentar on "Oleh-Oleh Nonton Dilan: Sebuah Pesan"
  1. bener2 out of the box lu, kereeenn! hahahahahahaha

    mungkin karena Babap selalu mendidik gue mandiri (lu harus bisa semua yg gue -babap- kerjakan), jadi gue, jujur, kurang mendapat sosok yang sini aku manis2in manja gitu hahahahahah..

    plus masa SMA gue kan gitu ya, ngga ada pacar.. jadi mesem2 gue sepanjang film :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga out-of-the-box amat mbak karena banyak jugaa yang ga doyan hahaha..

      duh tepat bgt istilah lu, "suami mendidik gue" --> gw juga merasa dididik sama andy huahahahah..

      yah kalo bikin hepi dan sehari2 ga halu mah lanjutkan mbak! gw juga kalo ada lagi mungkin mau nonton demi liat iqbaal :))

      Hapus
  2. IMO, kalau dimaknai bener2 emang ga 'ngena' sih gombalannya di Dilan karena kita ga ngalamin. Dulu, waktu suami (jaman belum nikah) nawarin tebengan sekalian dia pulang "sini gw anterin aja sekalian daripada lo nyasar, lo kan orangnya dis-orientasi arah" yang kepikiran adalah dia sweettt banget, perhatian banget, ngertiin gw banget, bisa diandalkan, etc etc. Jaman itu. Dengan perasaan berbunga-bunga. Saat itu, ga kepikiran bahwa itu artinya "merendahkan" perempuan, ga percaya bahwa perempuan bisa mandiri, underestimate me, etc etc. Dan mungkin dia pun ga berpikir kesitu, dia cuma mau gimana caranya menunjukan bahwa dia orang yang "helpful" at the right time to the right person. Tapi sekarang, begitu udah jadi ibu-ibu, lebih kritis emang. Hehe.. I like your view, ditunggu postingan selanjutnya ya, ne :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut gw beda sih membantu dan bisa diandalkan sama merendahkan. gw dulu juga ada yang jemput pake motor di stasiun biar gw ga telat kuliah di psiko (marilah tak usah kita sebut namanya huahaha) dan itu bikin berbunga2 banget hahah..

      gw seneng deh dilan (dan post ini) jadi membuka percakapan sama banyak orang, baik yang sependapat ataupun engga. seru!

      thanks ya yaaa' udah komen.. look forward buat ngobrol2 lagi :)

      Hapus
  3. Ini guah setuju bangeeett!!

    Gw nonton sama si Uki dan selama nonton kami bisik2, "Giung ya? Iyah giung. Aduh giung banget." Bahkan gw menguap berkali-kali padahal nggak nonton jam malam. Sepanjang film gw berpikir bahwa Milea sosok lemah banget sebagai perempuan (atau entah karena remaja zaman itu emang mayoritas begitu). Gw bertanya-tanya sebagai anak SMA apa dia ga punya aktivitas positif semacam ekskul yang mengembangkan potensinya? Dan Dilan pun hobinya tawuran sama momotoran. Plis!

    Sedihnya, dengan animo penonton yang begitu antusias dan mengidolakan sosok Dilan, ternyata masih banyak perempuan Indonesia yang masih ingin menjadi seperti Milea. Cantik, dikagumi banyak orang, harus banget dilindungi sama lelaki, lemah mempertahankan diri, dan masih berpikir bahwa patriarki yang kebablasan itu sebuah hal lumrah. Gw kasian sama Ibu Kartini. Pe-er kami masih banyak, Bu.

    jadi panjang. Haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh bagian "ternyata masih banyak perempuan Indonesia yang masih ingin menjadi seperti Milea. Cantik, dikagumi banyak orang, harus banget dilindungi sama lelaki, lemah mempertahankan diri, dan masih berpikir bahwa patriarki yang kebablasan itu sebuah hal lumrah" bikin terhenyak dan ngilu hati bener..

      Hapus