1 Juni 2018

Oleh-Oleh Sesi Kuliah 101 - 31 Mei 2018

Hari ini gw belajar, berpikir, dan berefleksi banyak sekali. Lalu jadi terlalu triggered sampe ga bisa tidur wakakak.. Maka marilah nulis random di sini :p



Gw masih inget tahun pertama kuliah gw dulu: gegar budayanya, materi-materi yang didapet di rangkaian OBM-PSAF-Prosesi (monmaap kalo materi PSAU mah ga begitu berkesan buat gw wkwk), proses adaptasinya, dan akhirnya pelajaran-pelajaran yang gw dapet dari situ. Gw juga masih inget materi-materi yang gw pelajari ulang dan gw bagi selama tujuh tahun mendampingi mahasiswa baru di program Orientasi Belajar Mahasiswa UI. Ditambah dengan teori dan orang-orang yang gw temui sebagai psikolog pendidikan plus riset waktu di Youthmanual, lahirlah bahan untuk sesi kali ini.

Lucunya, walau gw sepenuh hati meyakini bahwa materinya relevan dan penting, gw ngerasa materi itu "berjarak" sama peserta. Kayak ada di luar zona nyaman mereka, rada dipikir teu kapikir gitu. Mungkin penyampaian gw yang kurang asik, mungkin juga yaa justru emang ini kesempatan unfreezing buat mereka. Semoga ada seenggaknya sedikit yang mengena dan kepake nantinya yah :) Sambil pastinya gw juga terus belajar gimana cara yang cocok untuk menyampaikannya (plus materi selanjutnya, kegemesan gw akhir-akhir ini: berpikir kritis).

Buat acara ini juga gw nyoba konsep pay as you wish dan pay it forward alias bayarnya bebas menurut peserta berapa harga buat apa yang didapet dari acara ini trus mereka juga diminta buat ngepost apa yang didapet ke socmed biar orang lain yang ga dapet bisa ikutan ngintip materinya dan manatau dapet manfaat juga. Poin ini nyambung ke pembelajaran dan refleksi berikutnya.


Baru sehari mikirin dan ngurusin socmed aku sudah lelah :))))))))

Bikin logo, mikirin strategi engagement sama Gen Z (yang mana bikin gw merasa gagal wakakak, tapi gapapa -- gagal itu kan belajar :p), dan mikirin gimana biar feed dan story bisa rapi ternyata bukan hal yang bikin gw rela ngasih banyak waktu gw. Apalagi HP gw kaga compatible sama beberapa apps edit foto :)))))))))

Selain itu, karena ngobrol-ngobrol di sesi tadi plus mencermati *cailah* kasus salah seorang seleb socmed yang lagi HOT hari ini, gw juga jadi mikir kalo "I don't want to focus on making content, I want to make more conversation instead" dan "I want to keep it 'real', as in to connect more in real world than virtual world". Pemikiran ini sangat membantu gw menentukan langkah apa yang mau gw lakukan selanjutnya. Gw merasa kalo yang lebih gw inginkan, lebih fulfilling, dan lebih cocok buat gw tuh bukan berkiprah bikin konten di dunia maya. Dengan tuntutan zaman sekarang, bikin konten digital tuh nggak terelakkan ya, tapi yah berarti bukan jatahnya gw lah itu hehe.. Mendingan gw ajak orang lain buat bikin, atau kalo bikin sendiri yaaa ga usah berekspektasi terlalu tinggi lah hahaha..

Trus apalagi ya.. Oh ya, gw juga jadi semakin sadar kalo I don't have what it takes to be an enterpreneur. Berdagang akan selalu jadi last resort gw kalo butuh duit, tapi gw ga cocok jadi pengusaha as in membangun dan mengembangkan usaha dalam jangka waktu yang panjang. Kalau gw terpikir untuk bikin sesuatu kaya gitu, harus gw sadari bahwa gw akan eungap dan super butuh partner. Atau kalo mau bikin sendiri ya santai, idealis, dan sebagai hobi aja. Kayak yang dikerjain sekarang ini sih :)) Should it grow, I strongly believe in being true to myself, starting small, and growing organically. But let's not think too much about it for now ;p

Tuh dalam sehari aja banyak banget yah insight yang bisa didapat hihi.. Seru lah emang berproses tuh. Makin kenal diri sendiri, makin berkembang, semoga makin banyak bisa memberi juga. Terima kasih banyak untuk semua #temantumbuh gw hari ini: para peserta sesi dan teman-teman sesama pengamat isu hangat :)

Alhamdulillah 'ala kulli haal..
Be First to Post Comment !
Posting Komentar