22 Desember 2016

Manfaat Ngobrol untuk Anak Prasekolah

Anak saya sekarang umurnya 1 tahun 3 bulan. Dia udah punya banyak keinginan tapi kemampuannya untuk menyampaikan masih terbatas di nunjuk-nunjuk dan ngoceh-ngoceh. Lucu jadinya, saya dan suami jadi harus jago menebak apa yang dia mau. Berhasilkah? Yaaa kadang nebaknya cepet, kadang juga lama hahahaha.. Kalo nebaknya lama ini nih suka jadi drama.. Anak frustrasi terus teriak-teriak, kalo saya lagi ga sabar, seringkali ikut frustrasi juga *tutup muka* Kalo udah gitu inget aja, walaupun saya frustrasi tapi yang rasanya lebih ga enak pasti anak saya. Udah mah pengen sesuatu dan belum bisa ngambil atau melakukan sendiri, eh orang yang dipercaya buat nolongin ga ngerti pula. Grmbl grmbl.. Makanya saya sering bilang dan berdoa, "Semoga cepet lancar ngomong ya, Nak.."

Padahal nanti kalo anaknya udah lancar ngomong, bisa jadi saya pusing karena dia ngajak ngobrol terus :))

Walaupun bisa bikin pusing, ngobrol sama anak usia prasekolah itu banyak manfaatnya lho! Kegiatan ini mengembangkan kosa kata dan kecerdasan, dan juga perkembangan sosial emosional anak. Anak yang sering ngobrol sama pengasuh atau gurunya punya kosa kata yang lebih luas dan perkembangan bahasanya lebih baik. Perkembangan bahasa ini kemudian akan mendukung perkembangan kognitif anak, karena bahasa adalah salah satu cognitive toolkit. Anak usia prasekolah yang terbiasa ngobrol sama orang dewasa pake kalimat yang panjang dan kompleks juga punya skor IQ yang lebih tinggi.

"Tapi anak saya kalo diajak ngobrol suka ga nyambung"
Jangan sediiih, secara kognitif memang anak usia prasekolah ini masih punya beberapa keterbatasan. Dia belum ngeh kalo ada sudut pandang selain sudut pandang yang dia punya  (misalnya: nanya "Ini apa Mah?" sambil nunjuk gambar tapi gambarnya ga dikasi liat ke ibunya, dia pikir kalo dia liat gambar itu maka ibunya juga liat), cenderung fokus pada satu aspek yang bisa dia persepsi secara konkrit (misalnya: ngamuk pas dikasih minum pakai mug yang pendek dan lebar, maunya pake gelas yang tinggi dan sempit karena menurut dia kalo pake gelas yang tinggi airnya lebih banyak), penalarannya masih semi-logis (misalnya: anak pinjem mainan temannya terus temannya ga ngasih terus mereka berantem, besoknya temennya sakit, anak berpikir kalo temennya sakit karena habis berantem sama dia), dan masih suka bingung membedakan apa yang dilihat dan apa yang sebenarnya terjadi (misalnya: menganggap cloud dough yang dibentuk jadi bentuk bakpau adalah bakpau betulan dan bisa dimakan).

Nah, untuk dapet manfaat dari ngobrol-ngobrol ini, ada triknya lho:

  1. Gunakan nada suara yang positif
  2. Berikan respons untuk ocehan (vocalizations) dan kata-kata anak
  3. Berikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing anak untuk berpikir
  4. Kalo habis nanya, kasih jeda beberapa detik untuk anak berpikir sebelum jawab. Gapapa kalo anak ga langsung jawab pertanyaannya.
Aaah, ga sabar deh pengen ngobrol sama Anak dan denger kekocakan-kekocakan apa yang akan dia bilang 😍 Sekarang aja udah seneng banget baca cerita orang tua lain di socmed tentang omongan anak prasekolahnya hihihi..

Referensi:
Miller, P.H. (2011). Theories of Human Development 5th Edition. New York: Worth Publishers
Papalia, D.E, Olds, S.W., Feldman, R. D. (2004). Human Development 9th Edition. New York: McGraw-Hill
Test, J. E., Cunningham, D. D.,  & Lee, A. C.  (2010). Talking with Young Children: How Teachers Encourage Learning. Dimensions of Early Childhood, 38(3), 3-13.
4 komentar on "Manfaat Ngobrol untuk Anak Prasekolah"
  1. Wow pas banget,,lagi ngerasa logisnya anak mulai membuat ketawa sekaligus kagum. Makasih ya Ne tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama Cheen :*
      Selamat menikmati obrolan bersama Abang ehehe..

      Hapus
  2. iya ih aku sebel bgt dulu pas Kami blm bs ngomong. grrrrr, maunya apa sih? hahahahahaha. kalau sekarang? ya gitudeh! wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang udah bisa diorbitin jadi youtuber :))

      Hapus