19 Januari 2017

Ingatlah Alasannya dan Hadapilah Konsekuensinya

Saat menulis ini, saya lagi duduk di dalam mobil taksi online di tengah kemacetan bersama Anak yang tidur tersampir di pundak saya. Kami sedang menuju daycare sebelum saya pergi rapat. Letak rumah saya, daycare, dan tempat rapat hari ini nggak sejalan, tapi ya sudah.. Haha..

Hari ini saya mulai dengan gondok karena suami mendadak sibuk sehingga saya memilih untuk menitipkan Anak ke daycare yang bikin saya harus muter dan macet-macetan ini. Saya kesel dan ngomel-ngomel, tentu saja *maafkan aku oh suamiku* tapi saya nggak pundung sama diri sendiri. Kalau ini terjadi bulan lalu, mungkin saya bakal galau dan pengen berhenti kerja ehehehe..

Kemarin seorang teman bertanya, persiapan mental apa yang harus dilakukan sebelum menitipkan anak di daycare. Saya bilang saya nggak ada persiapan mental sebelum nitipin anak ke daycare karena persiapan mentalnya udah dilakukan sebelumnya pas memutuskan untuk (tetap) kerja.

Waktu saya galau tentang kerjaan di akhir tahun lalu, saya akhirnya sadar kalau penyebab utama saya uring-uringan adalah karena saya ngerasa saya kerja "cuma" karena menuruti arahan suami. Saya menerima tawaran kerja tetap itu bukan sepenuhnya karena kemauan saya sendiri. Buat saya yang LoC Internal banget hal itu (ternyata) jadi masalah hahaha..

Untungnya, sekarang situasinya udah berubah :D Setelah ngobrol sama bos saya dan melihat perkembangan di kantor, saya memutuskan untuk tetap bekerja di situ. Somehow rasanya jadi beda banget. Saya jadi lebih kuat hati saat harus ninggalin anak untuk kerja, karena saya tahu betul alasannya dan sudah mempertimbangkan baik-baik sehingga saat udah bikin keputusan ya siap menghadapi konsekuensinya.

Menjadi ibu memang mudah sekali bikin mempertanyakan diri sendiri dan keputusan-keputusan yang dibuat, makanya perlu tahu dan yakin sama alasan mutusin sesuatu supaya siap menghadapi konsekuensinya. Saya pikir begitu :)

Untuk semua ibu di luar sana,
apapun yang kau pilih,
entah menunda mimpi,
entah mengejar mimpi,
entah meletakkan saja satu kaki di depan kaki lainnya dan terus berjalan,
langkahmu tepat :)
Aku tahu pasti pilihan itu diambil dengan pertimbangan matang yang paling sesuai dengan kondisi diri dan keluargamu.
Karena itu, kalaupun orang lain bahkan dirimu sendiri ragu, menurutku langkahmu tepat :)

Peluk erat! ❤
6 komentar on "Ingatlah Alasannya dan Hadapilah Konsekuensinya"
  1. anjir napa ada :

    entah menunda mimpi,



    asemmmmmmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga asem, aku manis~
      wkwkwk

      insya Allah ada waktunya yaa nanti yang tepat,
      atau diganti sama yang lebih baik :D

      Hapus
  2. Aku mbrambanggg!!!! x')

    Tapi aku juga gitu deh sekarang ini. Alhamdulillah :').. walaupun badan rasanya ampun-ampunan :))

    Btw Cune, LoC itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      Capek yaaa tapi seneng kaaan ehehehe..

      LoC itu locus of control,

      "A locus of control orientation is a belief about whether the outcomes of our actions are contingent on what we do (internal control orientation) or on events outside our personal control (external control orientation)." (Zimbardo, 1985, p. 275)

      Hapus
  3. aaaaakk.. *ngaca*
    iyadeh, sekarang fokusnya diubah.
    dulu sempet enjoy banget kerja. trus beberapa bulan beteee banget tiap berangkat kerja.. kayaknya harus dicari dan dihilangkan itu penyebab betenya.

    anyway terimakasih yaaaa tulisannya mencerahkan sekaliii <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak ajeng..
      semoga segera bisa ketemu penyebab betenya dan segera teratasi juga yaa biar hepi lagi :)

      sama2 mbak, alhamdulillah..
      makasih juga udah mampir dan komen yaa :)

      Hapus